Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga, Tahukah Anda?

Di zaman era globalisasi ini pasti banyak orang yang makin sering terkena penyakit karena berbagai hal yang dapat menimbulkanya, antara lain pola makan yang tidak sehat dan kurangnya olah raga pada aktivitas sehari-hari. Terdapat banyak sekali bentuk cabang olah raga yang ada di dunia ini dari yang terpopuler seperti sepak bola, badminton, basket, hingga olah raga yang paling populer saat ini di kalangan anak muda saat ini yaitu futsal.

Tetapi hampir tiap orang lupa mereka jika berolah raga mereka langsung saja melakukanya tetapi mereka melupakan hal yang sangat penting yaitu pemanasan atau terkenal dengan sebutan warming. Ada mungkin bertanya-tanya mengapa pemanasan harus dilakukan? apa fungsi dan manfaat pemanasan sebelum aktivitas fisik berat seperti olahraga? Dan berbagai pertanyaan lain yang tidak mungkin dijawab hingga saat ini. Yang pasti adalah sangat penting untuk melakukan pemanasan sebelum latihan. Daripada menyesal kemudian karena tidak memanas diri sendiri, kemudian melakukan pemanasan bahkan jika hanya sebentar.

A. Fungsi / Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Olahraga yang melibatkan gerakan otot, sendi dan tulang dalam intensitas yang cukup besar. Dengan demikian olahraga darah hangat yang kaya nutrisi dan oksigen akan mengalir ke otot sehingga siap untuk didorong bekerja lebih keras. Sedangkan kegunaan atau manfaat dari latihan itu sendiri adalah untuk memperkuat otot-otot, tulang, jantung, paru-paru dan sirkulasi darah.

B. Jenis / Bentuk Pemanasan Para Cepat dan Mudah

Pemanasan atau pemanasan bisa dilakukan tanpa bantuan alat apapun dan tanpa biaya, yaitu dengan jogging ringan, aerobik ringan, joging di tempat, dan lain-lain. Cukup untuk tubuh kita berkeringat, panas dan merasa cukup pemanasan sekitar 5 sampai 15 menit dapat diikuti oleh otot peregangan atau streching selama beberapa menit untuk otot-otot Anda lebih fleksibel untuk digunakan kemudian.

C. Efek yang ditimbulkan jika tidak pemanasan

Tanpa pemanasan yang memadai sebelum melakukan latihan aktivitas yang dominan menggerakkan otot-otot, sendi dan tulang dapat mengakibatkan cedera pada otot dan cedera sendi. Tentu saja, cedera akan sangat mengganggu aktivitas dan dapat sangat menyakitkan dan membutuhkan perawatan medis lebih lanjut. Cedera otot dapat keseleo, salah urat, keseleo, kram otot, nyeri otot, dan sebagainya.

D. Peregangan / Streching yang Baik dan Benar

Setelah pemanasan yang membuat sedikit keringat, kemudian diikuti dengan peregangan otot atau strenching. Kedua pemanasan dan peregangan harus dilakukan dalam, ringan berkapasitas rendah tidak terlalu berlebihan. Jika berlebih dilakukan dapat menyebabkan cedera sendi. Jangan biarkan olahraga belum merasa lelah atau kelelahan berat. Jika dilakukan dengan benar maka tubuh akan siap untuk melakukan aktivitas olahraga. Kemudian bekerja keluar dengan perasaan gembira tanpa paksaan dan melupakan semua masalah yang ada.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply