Mentoring 14/04/2012, Teori Penciptaan Manusia

Pada Mentoring plus TAMATU(Tadarus Malam Sabtu) kali ini disampaikan oleh Mas Yanuar dengan materi mengenai Teori Penciptaan Manusia dalam Islam. Sebelum memulainya ada beberapa pertanyaan yang dilontarkan yaitu: Siapakah Saya? Dimanakah Saya? Bagaimana Saya Kedepan? Untuk menjawab tersebut perlu mempunyai dasar dan ilmunya. Sebagai umat Islam tentunya berpedoman pada Al Qur’an dan As Sunnah. Mari kita simak.

 

Banyak ilmuwan yang memberikan teori mengenai penciptaan manusia mulai dari Manusia diciptakan dari protein hingga teori yang sangat populer pada masa itu yaitu Manusia berasal dari kera atau lebih dikenal Teori Evolusi Darwin. Apakah benar kita berasa dari Kera?

 

Mengenai Teori penciptaan dalam Islam merupakan kepercayaan bahwa alam semesta termasuk umat manusia dan semua makhluk yang lain tidak hanya yang diciptakan oleh Allah, tetapi juga dijalankan oleh Allah dalam setiap waktu, sebagaimana dijelaskan Allah dalam ayat berikut:

 

“Berkata Firaun, ‘Maka siapakah Tuhanmu berdua, hai Musa?’ Musa berkata, ‘Tuhan kami ialah (Tuhan) yang telah memberikan kepada tiap-tiap sesuatu bentuk kejadiannya, kemudian memberinya petunjuk.’’ (QS Thaha: 49-50)

 

Inilah teori penciptaan dalam Islam. Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia mengendalikan alam semesta menurut kehendak-Nya sesuai fungsi dan peran yang spesifik.

Sebagai Umat Islam tentunya meyakini setiap kata dari Al-Qur’an. Menurut banyak bukti yang sempurna, Al Qur’an adalah kitab mukjizat yang benar-benar diwahyukan kepada Muhammad selama 23 tahun misinya dan terjaga dalam keadaan seperti ia diwahyukan hingga hari ini. Tidak ada penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada Al-Qur’an, sebagaimana Islam lahir dalam keadaan jelas dari sisi sejarah, dan kekuatannya tidak pernah surut. Bahasa al-Qur’an lebih dari 14 abad dan banyak orang yang tetap memeluk agama Islam dan setiap harinya bergabung di dalamnya.

Mengenai proses penciptaan pun diceritakan dalam Al Quran dalam QS Thaha: 49-50,

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Suci lah Allah, Pencipta Yang Paling Baik. Kemudian, sesudah itu, sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan mati. Kemudian, sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari kiamat.” (QS Al-Mu’minun: 12-16)

Sangat jelas al-Qur’an menolak teori Evolutionary Creationism yaitu penciptaan dengan cara evolusi yang memberikan teori manusia berasal dari kera.

Kemudian kita diciptakan dimuka bumi ini untuk apa? Dalam Al Qur’an dijelaskan

“Dan Tidaklah Aku Menciptakan Jin dan Manusia Kecuali untuk Beribadah Kepada-Ku (Adz Dzariyat : 56).

Semoga Bermanfaat.

 

 

 

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Mentoring 14/04/2012, Teori Penciptaan Manusia”

  1. BAGOEZ says:

    super skali…

Leave a Reply