Pedoman Sholat

Alhamdulillah, akhirnya Pedoman Shalat ini bisa juga penulis selesaikan.
Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Rasulullah SAW, keluarganya dan para sahabatnya.

Penulis sangat menyadari bahwa karena masih terbatasnya pengetahuan penulis, maka Pedoman Shalat ini masih jauh dari sempurna. Walaupun demikian, maka sesuai dengan judulnya, mudah-mudahan tetap bisa dijadikan pedoman dan sekaligus juga bisa memperluas wawasan kita tentang tata cara shalat sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW, sebagaimana sabda beliau:

# “Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat.” (HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad)

# “Barangsiapa beramal suatu amalan yang tidak ada petunjuk dari kami, maka amalan itu ditolak.” (HR. Muslim).

Pedoman Shalat ini penulis persembahkan untuk kita, sebagai salah satu perwujudan dalam memenuhi perintah Allah SWT, sebagaimana firman-Nya:

# “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu;….” (QS. At-Tahriim: 6)

# “Dan perintahkanlah kepada keluargamu untuk mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya….” (QS. Ath-Thaha: 132)

# “Perintahkanlah anak-anakmu mengerjakan shalat apabila mereka sudah berumur 7 tahun, dan pukullah mereka kalau mereka meninggalkannya apabila umur mereka sudah sampai 10 tahun.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan Hakim)

# “Sesungguhnya amal seorang hamba yang pertama kali dihisab pada Hari Kiamat adalah shalat. Apabila shalatnya baik, maka ia berbahagia dan selamat. Dan apabila shalatnya rusak, maka ia akan celaka dan merugi” (HR. At-Tirmidzi dan An-Nasa’i)

Pedoman Shalat ini juga penulis persembahkan bagi Umat Islam yang berkeinginan untuk memperbaiki kualitas shalatnya.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply