Remaja Masjid, Apakah Itu?

Perkembangan manusia terdiri dari beberapa tahapan yaitu bayi dalam rahim lalu iya dilahirkan dan menjadi bayi dan akan berkembang dan tumbuh menapaki kehidupanya. Bermula dari balita inilah berkembang menjadi anak-anak yang pada masanya diperkenalkan dengan yang namanya ngaji di masjid atau mushola dan shalat.

Dengan adanya TPA (Taman Pendidikan Al-Quran) maka anak-anak dapat mengenal baca tulis Al-Quran sejak dini. Beriring jalanya waktu karena mereka berkembang yang semula fisiknya kecil tertambah tinggi dan pemikiranya pun semakin dewasa, dari masa kanak-kanak mereka berkembang dan tumbuh terus sehingga mereka menjadi remaja.

Tetapi pada masa remaja ini juga mereka berada masa pubertas serta pencarian identitas diri dan proses menjadi dewasa. Pada masa ini lingkungan sekitar akan sangat berpengaruh sekali peranannya. Mereka mencari tokoh panutan, idolanya, simbol kehidupan dan pengakuan atas keberadaanya.

Yang dinamakan remaja muslim yang saya baca di buku organisasi remaja masjid adalah generasimuda islam yang diharapkan nantinya dapat menerima estafet perjuangan dalam menegakan nilai-nilai islam. Para remaja inilah yang nantinya adalah kader-kadernya umat islam yang perlu dipersiapkan untuk menjadi calon pemimpin masa depan dan pada akhirnya bisa turut berperan dalam gerakan dakwah islam seperti hadist berikut :

Dan hendaklah diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyeru kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (Ali Imran :104)

Lalu beberapa sikap dan perilaku yang perlu diperhatikan suatu remaja masjid yang berkaitan dengan kegiatan di masjid antaralain, yaitu :

Pertama, suatu remaja masjid harus menyadari bahwa merekalah yang akan melanjutkan generasi yang layak memakmurkan masjid bersama jamaah muslim lainya dan sebaliknya orang-orang yang tidak beriman tidak pantas untuk memakmurkan masjid sepeti firman Allah SWT dalam surat At-Taubah ayat 17.

Kedua, mengamalkan adab dan sopan santun di masjid karena masjid adalah tempat beribadah umat islam, tempat yang suci dan dimuliakan karena itu ada adab tertentu yang harus dijaga oleh remaja masjid bila ada didalam masjid antara lain : membaca doa ketika masuk atau keluar masjid, mengucap salam kepada jamaah masjid yang ada di masjid, kemudian dengan menjalankan shalat tahiyyatul masjid jika memasuki masjid, dan yang terakhir menjaga suara dan pembicaraan.

Lalu yang ketiga, rajin melaksanakan shalat berjamaah dimasjid dan senantiasa mengajak sesama orang muslim untuk sama-sama shalat berjamah dimasjid. Shalat berjamaah adalah tuntunan Rasulullah SAW yang patut kita teladani. Bahkan, Rasulullah SAW pernah mengancam akan membakar rumah orang-orang yang tidak mau berangkat ke masjid untuk melaksanakan shalat.

Keempat, berpakaian yang islami yaitu berpakaian yang sopan, menutup aurat, dan bersih. Islam mengajarkan umatnya untuk berpakaian sebaik-baiknya sesuai dengan tuntunan agama islam.

Kelima, rajin menuntut ilmu karena menuntut ilmu merupakan kewajiban seluruh umat muslim baik laki-laki maupun perempuan. Diantaranya seperti membaca Al-Quran, sekolah formal dan lain-lain.

Dan yang terakhir, berusaha terlibat dalam kepengurusan remaja masjid, yang mula-mula hanya menjadi anggota remaja masjid perlu mengupgrade kemampuanya sehingga dapat terlibat berorganisasi dalam remaja masjid. Dalam organisasi masjid inilah pengalaman dan ilmu berorganisasi serta ilmu agama dapat didapatkan untuk atau diamalkan untuk kehidupan sehari-hari.

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply